Burung Namdur, Disainer Sarang Terhebat

Jumat, 24 Februari 2012
Namdur Emas

Terinspirasi dari tayangan Jejak Petualang beberapa waktu lalu yang menayangkan kehebatan burung Namdur dalam mendisain sekaligus membuat sarang. Saya bermaksud mendeskripsikan sedikit tentang burung ini dan kelebihannya.Burung Namdur merupakan keluarga Ptilonorhynchidae. Keluarga ini memiliki 20 spesies dalam delapan genera. Mereka adalah jenis burung yang berukuran sedang.

Burung Namdur dapat kita jumpai di Indonesia yaitu di Irian Jaya. Burung namdur memang jagoan pembuat sarang. Pada awalnya banyak yang menduga sarang yang dibuatnya merupakan buatan manusia, karena bentuknya yang unik dan sangat indah.Tapi kenyataannya tidaklah demikian, sarang-sarang indah itu ternya hanya buatan seekor burung namdur Jantan.


Karena sifat burung Namdur betina yang materialis, dan hanya mau kimpoi dengan burung jantan yang memiliki sarang terindah, maka apa boleh buat Namdur jantan pun harus bisa unjuk gigi dalam memikat hati pasangannya. Persaingan Namdur ketat juga ya..

Untuk mengerjakkan sebuah sarang, burung Namdur membutuhkan waktu yang sangat lama, bisa mencapai sembilan bulan, Wowww.Trus bagaimana kalau ternyata sarang yang sudah susah payah dibangun tidak sanggup menggaet hati sang pujaan hati. Tidak, mereka tidak akan menghancurkan sarangkan karena frustasi, melainkan sarang tersebut akan terus di dekorasi hingga ada betina yang mau.Burung Namdur termasuk jenis hewan monogami, meski ada beberapa yang bersifat poligini.

Gambar Sarang Namdur:








Selain hebat dalam membuat sarang, Namdur juga terkenal dapat menirukan suara berbagai jenis hewan. Seperti anjing, kucing, harimau, kambing dan lainnya. Suara menyerupai binatang digunakan untuk mengusir hewan pengusik yang mendekati sarangnya. Dalam membuat sarang, burung Namdur menggunakan barang unik yang dijumpainya, baik bebatuan, kain sisa manusia, pot bunga bekas, sisa plastik dan lainnya.

Akan tetapi sangat disayangkan, nampaknya burung Namdur belum bisa mengolah semen dan batu bata ya, kalaupun bisa pastinya nanti sarangnya akan terbuat dari bahan-bahan meteria komplit. Dan pastinya dalam membuat sarang tersebut tidak dilakukan sendiri karena harus butuh kenek.. Muehehehehe

Berbagai Sumber

0 comments:

Posting Komentar