7 Plugin Photoshop Yang Sebaiknya Anda Tahu

Kamis, 02 Februari 2012

Apa itu plugin? Plugin adalah software tambahan yang sifatnya menambah kegunaan software induknya. Software induk yang saya bicarakan disini adalah Adobe Photoshop. Maka plugin yang akan kita diskusikan disini berarti software tambahan yang menginduk pada Photoshop dan memiliki kegunaan spesifik, biasanya memudahkan cara kerja kita dalam mengedit sebuah foto atau paling tidak membuat kita lebih mudah mencapai efek tertentu semisal membuat efek bokeh, hitam-putih atau frame yang indah. Kalau anda suka mengutak-atik foto di Photoshop, sudah saatnya anda mengenal beberapa plugin yang saya pilihkan disini. Silahkan:


Bokeh


Membuat efek bokeh langsung dari kamera memanglah tidak terlalu susah ( baca pengertian bokeh dan tipsnya disini ), namun ada beberapa syarat yang sebaiknya dipenuhi, antara lain anda sebaiknya menggunakan lensa dengan kualitas yang lumayan bagus dan idealnya dikerjakan dengan kamera SLR. Namun kalau anda ingin membuat efek bokeh yang indah tanpa harus membeli lensa mahal, anda bisa sangat terbantu dengan plugin yang satu ini. Plugin bernama “Bokeh” dari Alien SKin ini sangat gampang digunakan untuk menciptakan efek bokeh pada foto anda. Bukan hanya itu, Bokeh juga bisa digunakan untuk membuat efek tilt-shift pada foto anda. Jika anda jeli memilih foto yang akan dipakai untuk membuat efek ini, anda akan memperoleh hasil yang fantastik.

Black dan White Studio (BWS)




Black dan White Studio dari Power Retouche adalah plugin photoshop yang sesuai namanya, memiliki kegunaan untuk mengkonversi foto warna menjadi foto hitam putih yang sangat keren (baca tips foto hitam putih disini). Foto hitam-putih yang dihasilkan pun bisa anda variasi sesuai selera dan citarasa anda. Mau yang berkontras tinggi, silver atau sephia. Atau anda ingin mengkreasi efek film jaman dulu? BWS relatif mudah dipakai dan cukup cepat dijalankan, dan menjanjikan banyak variasi.

Mendownload versi demo BWS disini

Portraiture




Membuat kulit mulus bebas jerawat, memutihkan dan menghilangkan kerutan serta bintik di permukaan kulit…hmmm, kayak iklan kosmetik saja kan? Tapi jangan salah, inilah beberapa kegunaan dari Imagenomic Portraiture. Plugin satu ini terutama sangat cocok digunakan untuk pecinta foto jenis portrait (wajah) dan foto kecantikan. Kalau anda menyewa fotografer profesional dan takjub setelah melihat kulit anda jadi mulus dan bebas jerawat, kini andapun bisa menirunya.

Download versi demo Imagenomic Portraiture disini

Backdrop Designer



Tidak punya studio foto atau malas pergi ke studio foto? no problem! Anda bisa membuat studio anda sendiri di komputer. Plugin ini berguna untuk membuat background mirip dengan yang ada di studio foto. Anda tinggal berpose di belakang tembok, edit foto anda di Photoshop dan jalankan Backdrop Designer.. jring! tembok anda akan disulap menjadi background indah sesuai pilihan anda.

Download versi trial Backdrop Designer disini


Photomatix Pro


Anda ingin mendalami foto HDR (high dynamics range)? tanpa berkata panjang lebar saya sarankan anda mencoba plugin satu ini (lebih jauh tentang HDR dan tipsnya baca disini). Photomatix pro adalah pilihan para fotografer profesional yang menggemari HDR. Photomatix pro bisa dijalankan di Photoshop (Tone Mapping) maupun berdiri sendiri tanpa anda harus membuka Photoshop.

Download versi demo Photomatix Pro disini


Topaz Adjust



Topaz Adjust adalah plugin yang membuat foto anda tampak lain daripada yang lain, kalau istilah bodohnya mungkin membuat foto lebih bisa menyedot perhatian mata dan lebih hidup. Direkomendasikan oleh banyak fotografer kelas dunia, plugin ini bia membuat foto anda yang tumpul tampak lebih berdimensi dan tajam.
Anda bisa mencoba ....


Genuine Fractals




Genuine fractals memberi solusi bagi anda yang ingin memperbesar foto anda. Plugin ini memiliki fitur yang memungkinkan kita mencetak foto yang sudah diperbesar sampai dengan 10 kali perbesaran. Kalau anda selama ini memperoleh hasil print foto yang pecah-pecah, saatnya anda mencoba plugin ini.


Semoga bermanfaat..!!

http://azirem.blogspot.com/2010/10/7-plugin-photoshop-yang-sebaiknya-anda.html

7 Plugin Photoshop Yang Sebaiknya Anda Tahu

0 comments:

Posting Komentar