Rahasia Mesin Kode Jerman Pada Perang Dunia 2

Kamis, 02 Februari 2012
Enigma adalah sebuah mesin sandi untuk menyampaikan pesan pesan rahasia (secret message ) yang berkaitan dengan pesan pesan strategis sebuah negara. Mesin Enigma sendiri ditemukan oleh insinyur Jerman Arthur Scherbius, Untuk awalnya mesin ini digunakan untuk tujuan komersial, namun seiring keperluan perang yang mendesak dari bangsa Jerman ( rezim Adolf Hitler,Nazi ) maka alat ini dipergunakan sebagai alat perang strategis dimana pihak Jerman sangat mengandalkan alat ini untuk dijadikan pengirim dan pemecah sandi andalan, sampai sampai pihak Sekutu ( Amerika, Inggris dan Perancis ) berusaha pula untuk merebut mesin ini untuk kemudian di korek informasi rahasia yang di miliki Pihak Axis Jerman ( Axis; Jerman, Italia dan Jepang ). Mesin ini biasa dibawa oleh Wehrmacth ( Angkatan darat) dan Kriegsmarine ( Angkatan Laut ).Nama Enigma diambil dari kata Latin aenigma, yang artinya teka-teki.

Oke, cukup kiranya perkenalan singkat dengan mesin Enigma ini, sedikit cara kerja mesin Enigma . Mesin Enigma memiliki beberapa bagian yaitu keyboard dengan 26 huruf, papan lampu dengan 26 huruf, 3 set roda rotator, sebuah reflektor dan sebuah plugboard ( untuk jumlah rotator berbeda pada setiap varian nya, untuk 3 rotator digunakan pada varian Enigma M3 )




Gambar mesin Enigma M3

Secara kasar mesin Enigma memiliki cara kerja dimana saat kita mengetikkan kata/kalimat pada papan board (keyboard) maka kalimat tadi akan di reflektor kan kemudian diacak oleh 3 Rotator yang ada, tiap Rotator memiliki 26 kontak pada kedua sisi. . Tiap kontak pada satu sisi disambungkan ke sebuah kontak pada sisi lain dengan Rotator yang berbeda dan susunan huruf antar Rotator dalam formasi yang acak. Untuk tiap huruf yang ditekan pada keyboard, roda Rotator paling kanan akan diputar satu huruf, menghasilkan pemetaan yang berbeda untuk koneksi yang ada di dalam. Untuk Jelasnya Lihat Gambar di bawah (klik untuk memperbesar gambar)




Gambar diagram cara kerja mesin Enigma

Sebuah Rotator memiliki satu atau lebih Notches yang berakibat pada Rotator berikutnya akan mengalami pergeseran satu posisi. Hal ini akan menghasilkan pengkodean yang berbeda untuk tiap huruf yang ditekan pada keyboard. Keyboard terdiri dari 26 tombol, diberi nama A hingga Z. Apabila sebuah tombol ditekan, katakanlah huruf Q, Rotator akan berputar pada satu posisi baru dan kontaknya tersambung.

Pada saat sebuah tombol huruf ditekan, arus listrik akan mengalir pada mesin ini yang diawali melewati plug board, kemudian terus melewati 3 Rotor dan setelah tiba di Reflektor arus listrik dibalikkan kembali melewati 3 Rotator selanjutnya diteruskan ke plug board dan kemudian di huruf dienkripsi yang ditampilkan pada lampu yang menyala. Setelah tampilan huruf yang telah dienkripsi menyala, Rotator berputar. Perputaran Rotor sama halnya dengan sebuah Odometer yaitu jika Rotor yang paling kanan telah menyelesaikan satu putaran penuh sebelum Rotor yang ditengah berubah satu posisi dan begitu seterusnya untuk Rotor yang berikutnya


Pemecahan sandi Enigma secara konvensional dilakukan dengan cara mencoba seluruh kemungkinan kombinasi pada mesin Enigma. Pemecahan sandi ini dilakukan dengan mencoba semua kombinasi ketiga rotator (263 = 17576) dan seluruh kemungkinan pengaturan plugboard (dengan men-swap 6 pasang huruf dapat dilakukan dengan ~ 1011 cara). Sehingga seluruh kemungkinan pengaturan pada mesin enigma ini adalah ~ 1016 .


Skematis alur kombinasi pada Mesin Enigma M3

Gambar Rotor Enigma. Dalam Enigma Wehrmacht, tiga rotor bergerak terinstal terjepit di antara dua roda tetap: roda masuk, di sebelah kanan, dan reflektor ("B") di sebelah kiri. Contoh ini menunjukkan numerik daripada rotor abjad lebih biasa.


Dalam penggunaan Enigma yang diperlukan daftar pengaturan kunci sehari-hari serta sejumlah dokumen tambahan. Prosedur untuk Angkatan Laut Jerman Enigma lebih rumit dan lebih aman dibandingkan dengan prosedur yang digunakan dalam layanan lainnya. Angkatan Laut buku kode juga dicetak dalam warna merah, larut dalam air tinta di atas kertas merah muda sehingga mereka dengan mudah bisa hancur jika mereka beresiko disita oleh musuh. Para codebook di atas diambil dari ditangkap kapal selam Jerman U-505 .






Gambar buku kode yang dipakai Kriegsmarine, yang mana buku ini dipakai sebagai enkripsi awal sebelum di enkripsi lagi oleh Enigma (kiri).Tampak Kapal U-Boat 505 Milik Kriegsmarine Nazi Jerman berhasil dikuasai oleh Amerika (kanan)





Demikian sedikit bahasan yang RifkyMedia kumpulkan dari berbagai sumber, semoga bisa menambah khasanah pengetahuan teman teman blogger semua. Sebagai penutup, bagi teman teman yang penasaran dengan bagaimana alat ini bekerja bisa mencoba simulasi mesin nya Di sini (klik). O ya banyak juga film film yang mengangkat tema Enigma ini teman teman, antara lain Enigma, dan U-571 ( yang juga diperankan oleh John Bon jovi ).

0 comments:

Posting Komentar