10 Tips Mengatasi Rasa Stres

Selasa, 23 April 2013
Stres, yakni kondisi dimana Anda sedang berada di bawah tekanan atau tuntutan besar baik dari dalam maupun luar yang dapat menekan mental Anda. Pernahkan Anda merasakannya? Seperti pada saat deadline sudah di depan mata dan sejenisnya. Berikut 10 cara untuk mengatasinya.
1. Jadilah Lebih Aktif
jadi lebih aktif
JIka Anda memiliki masalah terkait atas stres, menjadi lebih aktif dapat membantu meringankan beban pikiran Anda. Contohnya Anda dapat berolahraga atau aktif keluar dari rumah untuk menyegarkan pikiran Anda, bahkan terkadang hal itu dapat memberikan inspirasi baru bagi Anda.
Olahraga tidak akan dapat menghilangkan stres Anda secara penuh, tetapi itu akan mengurangi intensitas emosional yang sedang Anda rasakan, menyegarkan pikiran Anda dan membantu Anda menghadapi masalah lebih tenang.
2. Keluarkanlah Perasaan Anda
teriak keras
Salah satu penyebab stres adalah karena Anda menyimpan beban pikiran Anda dan tidak tahu cara untuk menyalurkannya. Oleh karena itu, Anda dapat mengeluarkan perasaan Anda secara langsung seperti tertawa atau berteriak dengan keras.
Walaupun terdengar cukup aneh, tetapi berteriak keras dapat membantu Anda meringankan tekanan emosional yang Anda rasakan dan tertawa dapat memperbaik mood Anda.
3. Hindari Dengan Hidup Senang
hidu senang
Penuhi hari Anda dengan kesenangan, walaupun hanya untuk beberapa menit. Seperti bermain dengan anak Anda, bersosialisasi, melakukan apa yang Anda senangi. Apapun yang Anda pilih, ketahuilah batasan bahwa Anda juga haru mengingat melakukan tugas atau kerjaan Anda jika ada.
Cara ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi rasa stres.
4. Makan
makan
Terkadang, stres juga dapat disebabkan karena hal-hal terkait atas kebutuhan fisikal, dan salah satunya adalah makanan. Jika tingkat gula darah rendah, makan dapat meningkatkan mood Anda sesudah beberapa gigitan. Makanan dengan tingkat gula tinggi seperti coklat dan makanan pedas dapat memberikan efek lebih baik, hanya pastikan Anda tidak terlalu berlebihan.
5. Melakukan Pekerjaan Satu-Satu
fokus pada satu kerjaan
Ini adalah cara yang paling sederhana dan terbaik untuk mengurangi stres. Fokuslah sebisa mungkin hanya pada satu pekerjaan satu waktu, jangan mencoba melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Perlu menulis laporan? Lakukan itu saja. Perlu menulis email? Lakukan itu saja.
Ini membutuhkan latihan karena biasanya kita sering tergoda untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu.
6. Menyederhanakan Jadwal
jadwal penuh
Jadwal yang penuh dan berantakan adalah salah satu penyebab paling tinggi untuk stres. Oleh karena itu, dengan mengatur dan menyederhanakan jadwal Anda akan dapat membantu Anda. Coba untuk katakan tidak jika jadwal Anda memang sudah penuh. Jangan membuat jadwal Anda penuh, sisakan waktu kosong di antaranya.
7. Meditasi
meditasi
Melakukan sesuatu yang dapat membuat diri Anda merasa tenang sangatlah bermanfaat pada saat Anda merasa stres dan emosional. Pernahkan Anda mendengarkan orang meminta Anda untuk "ambil nafas dalam-dalam?"
Meditasi di sini tidaklah sampai Anda perlu menyilangkan kaki Anda dan benar-benar masuk ke dalam pikiran Anda. Anda hanya perlu untuk menenangkan perasaan Anda, dengan mengatur pernafasan dan menjauhkan pikiran-pikiran yang mengganggu Anda.
8. Lakukan 5 sampai 10 Menit Hal Yang Anda Sukai
hal menyenangkan
Tidak peduli apapun itu, selama hal itu menyenangkan bagi Anda. Itu pasti dapat meringankan kelelahan Anda dan memotivasi diri Anda. Hal yang Anda suka tidaklah perlu selalu harus hobi Anda, dapat juga dengan jalan-jalan, makan dan sejenisnya.
9. Terimalah Hal yang Memang Tidak Dapat Anda Ubah
terimalah hal yang tidak bisa diubah
Berusaha mengubah apa yang memang tidak bisa Anda ubah itu justru akan memberikan beban bagi Anda. Dalam hal ini, ketahui dan terima hal yang tidak dapat Anda kontrol. Lebih baik Anda berkonsentrasi pada hal yang Anda dapat kontrol dan fokuslah menyelesaikannya.
10. Tantang Diri Anda Sendiri
tantang diri anda
Daripada mencoba untuk mengatasi rasa stres dengan menghindari rasa stres Anda, mungkin Anda lebih cocok untuk melawan penyebab dari rasa stres Anda. Anda dapat melakukan ini dengan memotivasi diri Anda bahwa semua tantangan dapat dilakukan, atau singkatnya optimislah.
Anda juga dapat dengan secara konstan terus memberikan tantangan bagi diri Anda, Anda akan menjadi orang yang proaktif dan siap untuk menerima beban-beban stres yang mungkin datang.

sumber : http://www.tahupedia.com/content/show/118/10-Tips-Mengatasi-Rasa-Stres

0 comments:

Posting Komentar