Hati - hati jika mau makan kue mochi

Kamis, 19 Mei 2011
TOKYO - Enam orang tersedak hingga tewas, sementara lima orang lainnya masih membutuhkan perawatan serius setelah melahap kue beras tradisional Jepang, atau yang lebih dikenal dengan nama kue mochi. Para korban itu melahap mochi pada perayaan Tahun Baru, yang memang telah menjadi tradisi di negeri sakura.

Para korban yang berusia 70an tahun atau lebih tua, mati lemas pada akhir pekan lalu setelah menyantap hidangan khas Tahun Baru itu.

Perayaan Tahun Baru adalah salah satu hari raya terbesar di Jepang. Pada saat itu, setiap keluarga biasanya memasak sup ozouni dan memasukkan kue beras ini ke dalam kuah sayuran.

"Harap berhati-hati karena mochi sangat lengket sehingga bisa menyebabkan sesak nafas jika kita melahap tanpa mengunyahnya dengan baik terlebih dahulu," ujar pihak petugas penyelamat darurat seperti disitat AFP pada Senin (3/1/2010).

Mereka juga menyarankan agar orang-orang, khususnya para lansia dan anak kecil, memotong kue ini jadi bagian-bagian yang kecil terlebih dahulu sebelum memakannya.

Setiap tahun, sejumlah orang Jepang, sebagian besar lansia atau anak kecil, meninggal karena tersedak ketika memakan kue mochi ini.
okezone.com

0 comments:

Posting Komentar