10 mangaka terbaik

Kamis, 14 April 2011
1. Yazawa Ai
Mangaka cewek yang juga menelurkan Kagen no Tsuki ini mencatatkan namanya lewat NANA. Manga tersebut mengisahkan perjalanan sukses band Black Stones yang digawangi Oosaki Nana. Meski sempat absen dari majalah Cookie karena Yazawa jatuh sakit, toh NANA masih dinanti pembaca cewek. Tahun lalu, Yazawa pun menempati urutan teratas dalam poling yang sama.

2. Toriyama Akira
Penggemar shounen manga pasti kenal namanya. Dragon Ball, karya yang dikerjakannya lebih dari dua dekade silam, mengantar Toriyama menjadi mangaka paling digemari. Tentu saja, penyumbang suara terbanyaknya adalah cowok.

3. Inoue Takehiko
Peringkat ketiga dihuni oleh mangaka bergaya realis ini. Lewat Slam Dunk yang kaya humor namun menyentuh, Inoue merenggut perhatian pembaca. Sekarang Inoue tengah disibukkan oleh proyek barunya yang konon merupakan gabungan dari Vagabond dan REAL.

4. Adachi Mitsuru
Namanya merupakan jaminan manga berkualitas. Nggak heran para pembaca menyumbangkan suara untuk mangaka H2, Natane, dan Cross Game ini. Adachi terpilih berkat karyanya, Touch.

5. Togashi Yoshihiro
Bolak-balik absen dari Shonen Jump bukan berarti Hunter X Hunter kehilangan pembaca. Buktinya, sang mangaka masuk jajaran mangaka paling dinanti karyanya.

6. Oda Eiichiro
Posisinya seimbang dengan Togashi. Tentu saja, mantan asisten Watsuki Nobuhiro (Rurouni Kenshin) ini sukses berkat serial yang kini telah mencapai ratusan chapter di Shonen Jump, One Piece.

7. Urasawa Naoki
Mangaka spesial serial thriller ini mencatatkan namanya di bawah Oda-Togashi. Namun, beliau masuk daftar bukan karena Pluto, melainkan karena 20th Century Boys.

8. CLAMP
Daftar Oricon nggak akan lengkap tanpa kehadiran kuarter mangaka cewek asal Osaka ini. Kebiasaan buruk mereka, suka mendadak kehilangan mood meneruskan suatu serial, nggak lantas membuat mereka kehilangan fans. Untung saja CLAMP masih aktif mengerjakan Tsubasa RESERVoir CHRoNiCLE yang membuat nama mereka masuk daftar, meski kini sibuk dengan serial barunya, Kobato.

9. Fujio F. Fujiko
Kalau masih hidup, tentu beliau menepuk dada. Doraemon, manga jebolan 30 tahun silam masih terus dikenang pembaca hingga kini. Nama Fuji bersanding dengan CLAMP di posisi 8.

10. Tezuka Osamu
Mantan runner-up tahun lalu ini kini terpuruk di posisi juru kunci. Karya legendaris sang bapak manga ini, Atom Boy, merupakan pembuka jalan sukses anime dan manga di luar Jepang.

0 comments:

Posting Komentar